Langsung ke konten utama

SILABUS,RPPH DAN PENILAIAN



TUGAS
SILABUS, METODOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN DAN RPPH









 





NAMA        :      NURHAYATI,SH.
SEKOLAH :      TK ISLAM MUTIARA AZRA
TEAM PENGEMBANG KURIKULUM 2013



DEPOK
2016




STRUKTUR KURIKULUM PAUD
( SILABUS )
Kecamatan Limo

Bidang/Aspek Perkembangan
Ranah Pengembangan
Alokasi Waktu
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Nilai
Moral dan Agama

KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya


KI. 2:  Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, guru, dan teman.

















KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar, menghidu, me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main












KI 4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
















1.1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 5 hari @ 4 jam @ 45 menit
1.2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
Motorik



2.1. Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
2.2. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
2.4. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
2.5. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
Sosial Emosional



2.6. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
2.7. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8. Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
2.10. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
Kognitif
















2.11. Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman
3.1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
3.2. Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
3.3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
3.4. Mengetahui cara hidup sehat
3.5. Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
3.8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
3.9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
3.10. Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
3.12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
3.13. Mengenal emosi diri dan orang lain
3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
3.15. Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
Bahasa
4.1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
4.2. Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
4.3. Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
4.4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
4.5. Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6. Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.7. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.8. Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
Seni
4.9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
4.10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)

4.12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
4.13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
4.14. Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
4.15. Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media


TAMBAHAN KEUNGGULAN LOKAL
1.      Pengembangan Seni dan Budaya yang berada diwilayah sekitar.( Anak mampu menlakukan gerakan tari tradisional )
2.      Prakarya yang menberikan kemampuan anak dalam melatih kemampuan dan kreatifitasnya.
3.      Pendidikan Jasmani,Olah Raga dan Kesehatan, yang mencakup permainan dan olah raga tradisional ( Anak mampu melakukan gerakan, dan permainan tradisional dan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya )
4.      Penggunaan Bahasa Daerah dan Bahasa Lainya sebagai alat komunikasi dalam pendidikan.( anak mampu mengenal dan berbahasa Daerah )
5.      Pengunaan Teknologi sederhana baik yang berasal dari Teknologi Tradisional Maupun Teknologi Moderen.misal ( Anak dapat membuat perwarna alami dari daun jati,daun sugi dll ) ( Membiaskan cahaya matahari menjadi Pelagi _cahaya matahari menjadi Pelagi _
Alokasi waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 2 hari @ 2 jam @ 30 menit



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA
USIA                                                     : 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI    : II/15/B/JUM’AT
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB TEMA  : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.11, 4.11
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Beberapa indicator pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·         Doa sebelum belajar
·         Menaati aturan kelas
·         Bercakap-cakap tentang lambang negara
·         Mengurutkan pola “dari tinggi-rendah, panjang -pendek”
·         Senam irama
·         Menyanyi lagu “garuda Pancasila
Media/sumber belajar : lambang Negara (burung garuda), pola bentuk/gambar, lem hvs
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
Nama Kegiatan
Kegiatan
Keterangan
Pembukaan
Kegiatan Awal
Penyambutan kegiatan pagi


Kegiatan Berkumpul
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, senam irama, mengamati gambar burung garuda, bercakap-cakap tentang lambang Negara Indonesia

Inti
Pijakan Lingkungan
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati aturan kelas


Pijakan saat bermain
·         Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk bermain
·         Ada satu kelompok alat dan kegiatan bermain :
1.       Mengurutkan pola “ dari tinggi-rendah, panjang-pendek”
·         Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·         Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan lainnya
·         Anak memajang hasil karyanya
·         Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan bermain anak
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
Penutup
Pijakan setelah bermain
·         Membereskan alat bermain
·         Menyanyi  “Garuda Pancasila”
·         Menceritakan pengalamannya saat bermain
·         Menceritakan perasaannya saat bermain


Kegiatan akhir
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok hari
·         Bercerita, doa dan salam

Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                            Wali Kelas TK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA
USIA                                                     : 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI    : II/15/B/RABU
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB TEMA  : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 2.4, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Beberapa indicator pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·         Doa sebelum belajar
·         Menaati aturan kelas
·         Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
·         Gerak dan lagu
·         Bercakap-cakap tentang Negara Indonesia
·         Menuliskan lima kata tentang Indonesia
·         Mencari jejak dengan urutan abjad
·         Menyanyi lagu “Guruku”
Media/sumber belajar : peta Indonesia, pensil, buku tulis, maze dengan urutan abjad
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
Nama Kegiatan
Kegiatan
Keterangan
Pembukaan
Kegiatan Awal
Penyambutan kegiatan pagi


Kegiatan Berkumpul
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, mengamati gambar peta Indonesia , bercakap-cakap tentang Negara Indonesia

Inti
Pijakan Lingkungan
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati aturan kelas, memiliki sikap estetis.


Pijakan saat bermain
·         Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk bermain
·         Ada dua kelompok alat dan kegiatan bermain :
1.       Menuliskan lima kata tentang Indonesia
2.       Mencari jejak dengan urutan abjad
·         Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·         Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan lainnya
·         Anak memajang hasil karyanya
·         Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan bermain anak
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
Penutup
Pijakan setelah bermain
·         Membereskan alat bermain
·         Gerak dan lagu
·         Menyanyi  lagu “Guruku”
·         Menceritakan pengalamannya saat bermain
·         Menceritakan perasaannya saat bermain


Kegiatan akhir
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok hari
·         Bercerita, doa dan salam

Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Wali Kelas 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA

USIA                                                     : 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI    : II/15/B/KAMIS
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB TEMA  : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 2.4, 3.7, 4.7, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Beberapa indicator pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·         Doa sebelum belajar
·         Menaati aturan kelas
·         Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
·         Bercakap-cakap tentang Presiden dan Wakil Presiden
·         Bermain finger painting
·         Menarik gambar dan tulisan
·         Menyanyi lagu “Guruku”
Media/sumber belajar :  gambar atau foto presiden dan wakil presiden, pensil, krayon, buku gambar, adonan finger painting
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
Nama Kegiatan
Kegiatan
Keterangan
Pembukaan
Kegiatan Awal
Penyambutan kegiatan pagi


Kegiatan Berkumpul
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, mengamati gambar  foto Presiden dan Wakil presiden. Tanya jawab tentang   Presiden dan Wakil Presiden

Inti
Pijakan Lingkungan
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati aturan kelas, memiliki sikap estetis.


Pijakan saat bermain
·         Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk bermain
·         Ada dua kelompok alat dan kegiatan bermain :
1.       Bermain finger painting
2.       Menarik gambar da tulisan
·         Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·         Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan lainnya
·         Anak memajang hasil karyanya
·         Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan bermain anak
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
Penutup
Pijakan setelah bermain
·         Membereskan alat bermain
·         Menyanyi “Guruku”
·         Menceritakan pengalamannya saat bermain
·         Menceritakan perasaannya saat bermain


Kegiatan akhir
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok hari
·         Bercerita, doa dan salam

Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Wali Kelas

                      



FORMAT PENILAIAN HARIAN
RABU
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Hasil Penilaian
BB
MB
BSH
BSB
1.2
Anak dapat berdoa sebelum belajar




2.4
Anak memiliki rasa keindahan dan kerapihan dalam berperilaku dan bekerja




2.6
Anak dapat mentaati peraturan di kelas




3.7, 4.7
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya




3.7, 4.7
Anak dapat menuliskan lima kata tentang Indonesia




3.7, 4.7
Anak mampu menyanyikan lagu




3.8, 4.8
Anak mampu melakukan gerak sesuai dengan lagu




3.12, 4.12
Anak mampu mengerjakan maze





Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Wali Kelas

















FORMAT PENILAIAN HARIAN
KAMIS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Hasil Penilaian
BB
MB
BSH
BSB
1.2
Anak dapat berdoa sebelum belajar




2.4
Anak memiliki rasa keindahan dan kerapihan dalam berperilaku dan bekerja




2.6
Anak dapat mentaati peraturan di kelas




3.7, 4.7
Anak mampu menyanyikan lagu




3.11, 4.11
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya




3.12, 4.12
Anak mampu menarik gambar dan tulisan




3.15, 4.15
Anak mampu berkreasi dengan finger painting




Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Wali Kelas



















FORMAT PENILAIAN HARIAN
JUM’AT
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Pembelajaran
Hasil Penilaian
BB
MB
BSH
BSB
1.2
Anak dapat berdoa sebelum belajar




2.6
Anak dapat mentaati peraturan di kelas




3.3, 4.3
Anak mampu melakukan senam irama




3.6, 4.6
Anak dapat mengurutkan pola “tinggi-rendah, panjang-pendek”




3.7, 4.7
Anak mampu menyanyikan lagu




3.11, 4.11
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya




Mengetahui,                                                                                                                            Depok,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                 Wali Kelas






 
NAMA                  :               NURHAYATI,SH.
SEKOLAH             :               TK ISLAM MUTIARA AZRA
KECAMATAN     :               LIMO


METODOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN
No
KD
Metode Yang Dipilih
Alasan Pemilihan
Pertimbangan Yang Digunakan
1
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan Nya
Tanya jawab dan bercakap-cakap
Dapat memberikan informasi dan dapat menjawab pertanyaan sesuai informasi yang diberikan
Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan
2
Memiliki perilaku sikap percaya diri
Pemberian tugas
Dapat menyelesaikan tugas
Menjadi pengalaman anak dan menumbuhkan rasa percaya diri
3
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelasaikan tugas dan menambah pengetahuan
Metode eksperimen
Anak dapat mengembangkan fisik motoric khususnya motoric halus
Membuka kesempatan seluas-luasnya pada anak untuk mencoba sendiri dengan hal lain yang berbeda
4
Mengenal lingkungan social
Bercakap-cakap
Anak dapat meningkatkan pengetahuannya
Menambah pengetahuan anak tentang macam budaya di sekitarnya
5
Menunjukkan karya dan aktivitas seni
Unjuk kerja
Mengembangkan motoric kasar dan motoric halus pada anak
Anak dapat mengeksplorasi dirinya sesuai dengan kemampuan











CATATAN ANEKDOT
Tanggal :
Usia/Kelas :                                                                                                               Nama Guru : NURHAYATI,SH.
Nama Anak
Tempat
Waktu
Peristiwa/Perilaku



















































HASIL KARYA
Tanggal :
Usia/Kelas :                                                                                                           Nama Guru : NURHAYATI,SH.
Hasil Karya anak
Hasil Pengamatan
Indikator - KD















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKREDITASI TK ISLAM MUTIARA AZRA untuk meningkatkan kualitas lembaga dalam menjalankan kegiatan pendidikan dengan baik dan sesuai dengan norma-norma dan perundangan yang berlaku di NKRI. Pada tanggal 25 september  2019, TK Islam Mutiara Azra mendapat Visitasi dari Asesor Nasional yang tujuanya untuk melakukan kegiatan dan pengamatan pada lembaga pendidikan TK Islam Mutiara Azra,  Visitasi ini ditujuak untuk kesesuain data yang telah dikirim melalui on line di sispena 2.0..dengan adanya sistem seperti ini memudahkan kami dalam mempersiapkan dan jalankan Akreditasi. Puji syukur kehadiran Alloh SWT, Visitasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hasil dari Akreditasi oleh BAN PFN telah diumumkan dan TK Islam Mutiara Azra Mendapat NILAI ( B ) kegiata Visitasi Assesor di TK Islam Mutiara Azra di Perumahan Villa Mutiara Cinere Blok E 5/ 18 Grogol kec. Limo Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia