TUGAS
SILABUS,
METODOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN DAN RPPH
NAMA : NURHAYATI,SH.
SEKOLAH : TK ISLAM MUTIARA AZRA
TEAM PENGEMBANG KURIKULUM 2013
DEPOK
2016
STRUKTUR KURIKULUM PAUD
( SILABUS )
Kecamatan Limo
Bidang/Aspek
Perkembangan
|
Ranah Pengembangan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
Nilai
Moral dan Agama
|
KI. 1:
Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI. 2: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa
ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu
bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi
dengan keluarga, guru, dan teman.
KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru,
lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan
satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, men-dengar,
menghidu, me-rasa, meraba), mena-nya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi/mengasosiasikan, dan mengkomu-nikasikan melalui kegiatan main
KI 4: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
|
Alokasi
waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 5 hari @ 4 jam @ 45 menit
|
1.2.
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan.
|
|||
Motorik
|
2.1.
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
||
2.2.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
|||
2.3.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
|||
2.4.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|||
2.5.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri.
|
|||
Sosial Emosional
|
2.6.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
||
2.7.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
|||
2.8.
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|||
2.9.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
|||
2.10.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerja sama
|
|||
Kognitif
|
2.11.
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
||
2.12.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
|||
2.13.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan
teman
|
|||
3.1.
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
|||
3.2.
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
3.3.
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
|
|||
3.4.
Mengetahui cara hidup sehat
|
|||
3.5.
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
|||
3.6.
Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
|
|||
3.7.
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
|||
3.8.
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll)
|
|||
3.9.
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
|
|||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
3.11.
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|||
3.12.
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
|
|||
3.13.
Mengenal emosi diri dan orang lain
|
|||
3.14.
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
|||
3.15.
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
|||
|
4.1.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
||
4.2.
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia
|
|||
4.3. Menggunakan
anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
|||
4.4.
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
|||
4.5.
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
|||
4.6.
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
|||
4.7.
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi)
|
|||
4.8.
Menyajikan berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak
tubuh, dll tentang lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll)
|
|||
|
4.9.
Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
||
4.10.
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
|||
4.11.
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
|||
4.12.
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
|||
4.13.
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
|
|||
4.14.
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
|||
4.15.
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
|||
TAMBAHAN KEUNGGULAN LOKAL
|
1. Pengembangan Seni dan Budaya
yang berada diwilayah sekitar.( Anak mampu menlakukan gerakan tari tradisional
)
2. Prakarya yang menberikan
kemampuan anak dalam melatih kemampuan dan kreatifitasnya.
3. Pendidikan Jasmani,Olah Raga
dan Kesehatan, yang mencakup permainan dan olah raga tradisional ( Anak mampu
melakukan gerakan, dan permainan tradisional dan nilai-nilai luhur yang
terkandung didalamnya )
4. Penggunaan Bahasa Daerah dan
Bahasa Lainya sebagai alat komunikasi dalam pendidikan.( anak mampu mengenal
dan berbahasa Daerah )
5. Pengunaan Teknologi sederhana
baik yang berasal dari Teknologi Tradisional Maupun Teknologi Moderen.misal (
Anak dapat membuat perwarna alami dari daun jati,daun sugi dll ) ( Membiaskan
cahaya matahari menjadi Pelagi _cahaya matahari menjadi Pelagi _
|
Alokasi
waktu pembelajaran dalam seminggu sebanyak 2 hari @ 2 jam @ 30 menit
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA
USIA
: 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI : II/15/B/JUM’AT
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB
TEMA : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 3.3, 4.3, 3.6, 4.6, 3.7, 4.7, 3.11, 4.11
Indikator Pencapaian
Pembelajaran
Beberapa indicator
pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·
Doa sebelum belajar
·
Menaati aturan kelas
·
Bercakap-cakap tentang lambang negara
·
Mengurutkan pola “dari tinggi-rendah, panjang
-pendek”
·
Senam irama
·
Menyanyi lagu “garuda Pancasila
Media/sumber belajar : lambang Negara (burung garuda), pola
bentuk/gambar, lem hvs
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
|
Nama Kegiatan
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
Pembukaan
|
Kegiatan Awal
|
Penyambutan kegiatan pagi
|
|
|
Kegiatan Berkumpul
|
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, senam irama, mengamati gambar
burung garuda, bercakap-cakap tentang lambang Negara Indonesia
|
|
Inti
|
Pijakan Lingkungan
|
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati
aturan kelas
|
|
|
Pijakan saat bermain
|
·
Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk
bermain
·
Ada satu kelompok alat dan kegiatan bermain :
1. Mengurutkan
pola “ dari tinggi-rendah, panjang-pendek”
·
Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·
Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan
lainnya
·
Anak memajang hasil karyanya
·
Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan
bermain anak
|
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
|
Penutup
|
Pijakan setelah bermain
|
·
Membereskan alat bermain
·
Menyanyi
“Garuda Pancasila”
·
Menceritakan pengalamannya saat bermain
·
Menceritakan perasaannya saat bermain
|
|
|
Kegiatan akhir
|
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok
hari
·
Bercerita, doa dan salam
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas TK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA
USIA
: 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI : II/15/B/RABU
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB
TEMA : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 2.4, 3.7, 4.7, 3.8, 4.8, 3.12, 4.12,
Indikator Pencapaian
Pembelajaran
Beberapa indicator
pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·
Doa sebelum belajar
·
Menaati aturan kelas
·
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
estetis
·
Gerak dan lagu
·
Bercakap-cakap tentang Negara Indonesia
·
Menuliskan lima kata tentang Indonesia
·
Mencari jejak dengan urutan abjad
·
Menyanyi lagu “Guruku”
Media/sumber belajar :
peta Indonesia, pensil, buku tulis, maze dengan urutan abjad
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
|
Nama Kegiatan
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
Pembukaan
|
Kegiatan Awal
|
Penyambutan kegiatan pagi
|
|
|
Kegiatan Berkumpul
|
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, mengamati gambar peta
Indonesia , bercakap-cakap tentang Negara Indonesia
|
|
Inti
|
Pijakan Lingkungan
|
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati
aturan kelas, memiliki sikap estetis.
|
|
|
Pijakan saat bermain
|
·
Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk
bermain
·
Ada dua kelompok alat dan kegiatan bermain :
1. Menuliskan
lima kata tentang Indonesia
2. Mencari
jejak dengan urutan abjad
·
Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·
Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan
lainnya
·
Anak memajang hasil karyanya
·
Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan
bermain anak
|
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
|
Penutup
|
Pijakan setelah bermain
|
·
Membereskan alat bermain
·
Gerak dan lagu
·
Menyanyi
lagu “Guruku”
·
Menceritakan pengalamannya saat bermain
·
Menceritakan perasaannya saat bermain
|
|
|
Kegiatan akhir
|
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok
hari
·
Bercerita, doa dan salam
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HARIAN (RPPH)
SENTRA PERSIAPAN MEMBACA
USIA
: 5-6 TAHUN/KELOMPOK B
SEMESTER/MINGGU/KELP/HARI : II/15/B/KAMIS
TEMA/SUB TEMA/SUB SUB
TEMA : NEGARAKU/TANAH AIRKU
KOMPETENSI DASAR
1.2, 2.6, 2.4, 3.7, 4.7, 3.11, 4.11, 3.12, 4.12, 3.15, 4.15
Indikator Pencapaian
Pembelajaran
Beberapa indicator
pencapaian perkembangan pada kegiatan ini :
·
Doa sebelum belajar
·
Menaati aturan kelas
·
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
estetis
·
Bercakap-cakap tentang Presiden dan Wakil
Presiden
·
Bermain finger painting
·
Menarik gambar dan tulisan
·
Menyanyi lagu “Guruku”
Media/sumber belajar : gambar atau foto presiden dan wakil presiden,
pensil, krayon, buku gambar, adonan finger painting
Langkah Kegiatan
Tahap Pembelajaran
|
Nama Kegiatan
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
Pembukaan
|
Kegiatan Awal
|
Penyambutan kegiatan pagi
|
|
|
Kegiatan Berkumpul
|
Berkumpul saat lingkaran : salam, doa, mengamati gambar foto Presiden dan Wakil presiden. Tanya jawab
tentang Presiden dan Wakil Presiden
|
|
Inti
|
Pijakan Lingkungan
|
Menata alat bermain, memilih buku yang sesuai keinginannya, menaati
aturan kelas, memiliki sikap estetis.
|
|
|
Pijakan saat bermain
|
·
Anak mengamati bahan yang akan digunakan untuk
bermain
·
Ada dua kelompok alat dan kegiatan bermain :
1.
Bermain finger painting
2.
Menarik gambar da tulisan
·
Anak mengerjakan sesuai dengan pilihannya
·
Anak yang sudah selesai dapat mengerjakan
lainnya
·
Anak memajang hasil karyanya
·
Mencatat dan mendokumentasikan perkembangan
bermain anak
|
*Mengumpulkan informasi
*Mengasosiasi
*Mengkomunikasikan
|
Penutup
|
Pijakan setelah bermain
|
·
Membereskan alat bermain
·
Menyanyi “Guruku”
·
Menceritakan pengalamannya saat bermain
·
Menceritakan perasaannya saat bermain
|
|
|
Kegiatan akhir
|
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan esok
hari
·
Bercerita, doa dan salam
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
FORMAT PENILAIAN HARIAN
RABU
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Pembelajaran
|
Hasil Penilaian
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1.2
|
Anak dapat berdoa sebelum belajar
|
|
|
|
|
2.4
|
Anak memiliki rasa keindahan dan kerapihan
dalam berperilaku dan bekerja
|
|
|
|
|
2.6
|
Anak dapat mentaati peraturan di kelas
|
|
|
|
|
3.7, 4.7
|
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya
|
|
|
|
|
3.7, 4.7
|
Anak dapat menuliskan lima kata tentang
Indonesia
|
|
|
|
|
3.7, 4.7
|
Anak mampu menyanyikan lagu
|
|
|
|
|
3.8, 4.8
|
Anak mampu melakukan gerak sesuai dengan lagu
|
|
|
|
|
3.12, 4.12
|
Anak mampu mengerjakan maze
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
FORMAT PENILAIAN HARIAN
KAMIS
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Pembelajaran
|
Hasil Penilaian
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1.2
|
Anak dapat berdoa sebelum belajar
|
|
|
|
|
2.4
|
Anak memiliki rasa keindahan dan kerapihan
dalam berperilaku dan bekerja
|
|
|
|
|
2.6
|
Anak dapat mentaati peraturan di kelas
|
|
|
|
|
3.7, 4.7
|
Anak mampu menyanyikan lagu
|
|
|
|
|
3.11, 4.11
|
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya
|
|
|
|
|
3.12, 4.12
|
Anak mampu menarik gambar dan tulisan
|
|
|
|
|
3.15, 4.15
|
Anak mampu berkreasi dengan finger painting
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
FORMAT PENILAIAN HARIAN
JUM’AT
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Pembelajaran
|
Hasil Penilaian
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
1.2
|
Anak dapat berdoa sebelum belajar
|
|
|
|
|
2.6
|
Anak dapat mentaati peraturan di kelas
|
|
|
|
|
3.3, 4.3
|
Anak mampu melakukan senam irama
|
|
|
|
|
3.6, 4.6
|
Anak dapat mengurutkan pola “tinggi-rendah,
panjang-pendek”
|
|
|
|
|
3.7, 4.7
|
Anak mampu menyanyikan lagu
|
|
|
|
|
3.11, 4.11
|
Anak mampu bercakap-cakap dan memahaminya
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Depok,
Kepala Sekolah Wali
Kelas
NAMA : NURHAYATI,SH.
SEKOLAH : TK
ISLAM MUTIARA AZRA
KECAMATAN :
LIMO
METODOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN
No
|
KD
|
Metode Yang
Dipilih
|
Alasan
Pemilihan
|
Pertimbangan
Yang Digunakan
|
1
|
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan Nya
|
Tanya jawab dan bercakap-cakap
|
Dapat memberikan informasi dan dapat menjawab
pertanyaan sesuai informasi yang diberikan
|
Dapat menjawab pertanyaan yang diberikan
|
2
|
Memiliki perilaku sikap percaya diri
|
Pemberian tugas
|
Dapat menyelesaikan tugas
|
Menjadi pengalaman anak dan menumbuhkan rasa
percaya diri
|
3
|
Menggunakan teknologi sederhana untuk
menyelasaikan tugas dan menambah pengetahuan
|
Metode eksperimen
|
Anak dapat mengembangkan fisik motoric
khususnya motoric halus
|
Membuka kesempatan seluas-luasnya pada anak
untuk mencoba sendiri dengan hal lain yang berbeda
|
4
|
Mengenal lingkungan social
|
Bercakap-cakap
|
Anak dapat meningkatkan pengetahuannya
|
Menambah pengetahuan anak tentang macam
budaya di sekitarnya
|
5
|
Menunjukkan karya dan aktivitas seni
|
Unjuk kerja
|
Mengembangkan motoric kasar dan motoric halus
pada anak
|
Anak dapat mengeksplorasi dirinya sesuai
dengan kemampuan
|
CATATAN ANEKDOT
Tanggal :
Usia/Kelas :
Nama Guru : NURHAYATI,SH.
Nama Anak
|
Tempat
|
Waktu
|
Peristiwa/Perilaku
|
|
|
|
|
HASIL KARYA
Tanggal :
Usia/Kelas :
Nama Guru :
NURHAYATI,SH.
Hasil Karya anak
|
Hasil Pengamatan
|
Indikator - KD
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar