Langsung ke konten utama

PROFIL, SEJARAH SINGKAT VISI MISSI TK MUTIARA AZRA



SEJARAH SINGKAT TKI MUTIARA AZRA
PERUM VILLA MUTIARA CINERE
GROGOL,LIMO-DEPOK 



MUTIARA AZRA

TK Islam Mutiara Azra.didirikan pada tanggal 20 April 200 dan mendapat ijin operasional 421-1/2-Dikbud 2007 pada tanggal 8 juni tahu 2007
Pada tahun 2014 TK Islam Mutiara Azra telah terakreditasi dengan nilai 85,  ( B ).TK Islam Mutiara Azra.beralamat di Perum Villa Mutiara Azra merupakan lingkungan yang sosial masyarakat memiliki potensi masyarakat yang mendukung dibibidang pendidikan di sekitar lingkungan TK Islam Mutiara Azra.
Kurikulum TK Islam Mutiara Azra disusun dalam bentuk program pembelajaran yang sesuai dengan peraturan pemerintah,kondisi masyarakat sekitar, tahap perkembangan anak yang mengacu kepada  kemajuan jaman  yang berkualitas dan mempunyai keunggulan yang menjadi ciri khas TK Islam Mutiara Azra.
Berdasarkan  hasil analisis konteks,  keberadaan TK Islam Mutiara Azra yang  berada di lingkungan yang harmonis yaitu  peran serta dan dukungan masyarakat yang berdedikasih dalam bidang pendidikan serta keadaan murid yang berpotensi maka kurikulum ini dirancang sesuai kondisi sekolah dan berfokus pada pengintegrasian nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada setiap lingkup perkembangan anak didik serta bermuatan pendidikan local.
Dengan tersusunnya   kurikulum  TK  Islam Mutiara Azra maka dapat di jadikan refrensi  dan inspirasi bagi TK Islam Mutiara Azra yang ada di kecamatan Limo dalam  penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak.
A.   Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran  dalam penyusunan Kurikulum TK Islam Mutiara Azra tahun 2016/2017 adalah sebagai berikut :
1.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem   Pendidikan Nasional
2.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 58 tahun 2009 tentang Standar  Pendidikan Anak Usia  Dini yang mengatur tentang 4 standar yaitu :
a.Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
b.Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
c. Standar Isi, Proses dan Penilaian
d. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan
3.      Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan  dan Penyelenggaraan Pendidikan
4.      Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2009 tentang Pencanangan Nasional Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa ,Kewirausahaan dan ekonomi kreatif melalui Pembelajaran Aktif
B.   Tujuan Pengembangan Kurikulum
(a)  Mempersiapkan generasi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahklak mulia.
(b)  Memungkinkan peningkatan potensi, minat, kecerdasan, intelektual, emosional, spritual dan kinestetik secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.
(c)  Mengembangkan keragaman potensi, kebutuhan, tantangan dan karakteristik lingkungan.
(d)  Kurikulum dapat dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
(e)  Meningkatkan toleransi dan kerukunan beragama serta memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah.
(f)   Peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain.
(g)  Memperhatikn karakteristik social budaya masyarakat setempat dan menunjng kelestarian keragaman budaya.
TK Islam Mutiara Azra memiliki tujuan  sebagai berikut
1.      Menjadikan  Kurikulum ini sebagai acuan bagi seluruh komponen TK Islam Mutiara Azra dalam menyelenggarakan Proses Pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan bersama.
2.      Membantu mengembangkan seluruh potensi kecerdasan anak sesuai fitrah yang diberikan Allah SWT menjadi pribadi muslim yang cerdas, kreatif, mandiri, berjiwa memimpin dan berakhlaqul karimah.
3.      Mengoptimalkan peran TK Islam Mutiara Azra sebagai TK Islam Mutiara Azra di Gugus I TK Kec. Limo.
4.      Memberdayakan seluruh potensi yang ada di TK Islam Mutiara Azra dalam Proses pembelajaran.
5.      Mewujudkan eksistensi TK Islam Mutiara Azra dengan segala kelebihan,Kelemahan peluang serta ancaman melalui analisis konteks dan analisa SWOT  dalam  menjalankan Visi dan Misi TK Islam Mutiara Azra.
 


  TUJUAN,VISI,MISI DAN STRATEGI
A.       Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dirumuskan mengacu pada tujuan umum pendidikan. Adapun tujuan umum pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Mengacu pada tujuan umum tersebut, dapat dijabarkan tujuan pendidikan sebagai berikut :
1.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia
2.    Meningkatkan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dari kemampuan peserta didik.
3.    Membekali peserta didik dengan pengetahuan yang memadai agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
4.    Mengembangkan keragaman potensi dan berkarakteristik daerah dan lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi bagi pengembangan daerah.
5.    Mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan nasional.
6.    Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
7.    Mendukung peningkatan rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama.
8.    Mendorong peserta didik agar mampu bersaing secara global sehingga dapat hidup berdampingan dengan anggota masyarakat bangsa lain.
9.    Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam negara kesatuan R.I.
10.  Menunjang kelestarian dan keragaman budaya.
11.  Mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan Gender
12.  Mengembangkan visi, misi, tujuan sekolah, kondisi dan ciri khas sekolah.

1.   Tujuan UmumTaman Kanak-kanak adalah :
a.    Membangun  landasan bagi perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia,berkepribadian luhur,sehat berilmu,cakap kritis,kreatif inovatif,mandiri,percaya diri,menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggungjawab.
b.    Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual,intelektual,emosional,kinestetis dan social peserta didik pada masa emas pertumbuhan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
c.    Membantu peserta didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi nilai-nilai agama dan moral,social emosional,kemandirian,kognitif ,bahasa,dan fisik motorik serta seni ,untuk siap memasuki pendidikan dasar

2. Tujuan Khusus TK Islam Mutiara Azra

Membantu mengembangkan seluruh potensi kecerdasan anak sesuai fitrah yang diberikan Allah SWT menjadi pribadi muslim yang cerddas, kreatif, berjiwa memimpin dan berakhlaqul karimah.
3  Visi 
                 Taman Kanak-kanak Islam sebagai investasi awal dalam pembentukan  Kepribadian Muslim
4.    Misi :
-  Menanamkan akidah dan nilai-nilai Islami sejak dini
  -  Menanamkan kecintaan kepada Al Qur’an dan Al Hadits
-  Mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
E. Strategi
1.  Menciptakan situasi belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar yang atraktif sehingga anak akan berkembang secara optimal melalui :
a. Merancang pembelajaran yang berpusat kepada anak (child center) melalui penataan ruang belajar sambil bermain sesuai tema dengan desain dan  display ruangan yang menarik serta colourfull.
b. Penataan kelompok-kelompok belajar dan klasikal ( Teacher Center ) dalam metode pembelajaran yang memberi pengarahan dan pembelajaran pada anak untuk memilih kegiatan agar dapat bereksplorasi dan berkreasi sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki masing-masing anak ( Multiple Intelligence ).
c. Menggunakan model  kelompok dan Klasikal  dengan mengutamakan pengalaman belajar yang bermakna
d. Menciptakan alat bermain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta sesuai dengan pengembangan setiap capaian perkembangan anak.
2. Melaksanakan proses pembelajaran yang telah dirancang dengan menggunakan seni  sebagai alat dalam proses pembelajaran sehingga situasi pembelajaran menjadi menyenangkan.
3. Mengupayakan pengembangan nilai budaya dan karakter bangsa melalui pembiasaan yang rutin, spontan, teladan dan terprogram secara konsisten sehingga terbentuk anak yang berbudi pekerti luhur/berkarakter. Sepuluh nilai karakter tersebut meliputi :
Religius/Cinta Tuhan, mandiri, hormat dan santun, kreatif, kerjasama, Jujur, percaya diri, kasih sayang, tanggung jawab dan gemar membaca.
4. Melakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap cara guru melaksanakan proses pembelajaran dengan melaksanakan supervisi secara terprogram oleh Kepala TK dan Pembinaan rutin melalui rapat guru secara periodik.
5. Mengkomunikasikan program dan  jadwal  kegiatan pembelajaran serta filosofi perkembangan anak kepada para orang tua murid melalui rapat rutin bulanan dan buku panduan sekolah
6.  Mengadakan perjanjian dengan orang tua murid dalam hal kerjasama mendidik anak usia dini
7. Meningkatkan dan mengembangkan  sumber daya manusia
8. Penciptaan sistem subsidi silang kepada peserta didik yang tidak mampu
9. Mengembangkan monitoring dan evaluasi tentang kinerja sekolah demi pengembangan kemajuan pembelajaran berdasarkan perkembangan pembelajaran dan teknologi

B.       Pengertian
1.     Pendidikan Anak Usia Dini
adalah suatu upaya pembinaan yang di tujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
2.     Taman Kanak-kanak
Adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur  pendidikan formal yang menyelenggarakan  program pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan  pendidikan bagi anak usia 4 -6 tahun
3.     Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu.
4.     Kurikulum Taman Kanak-kanak
Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,bidang pengembangan, dan penilaian serta cara  yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan  pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

5.     Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan KTSP terdiri dari tujuan pendidikan, tingkat satuan pendidikan, truktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.
6.     Program Pembelajaran
Adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik atau sumber belajar pada satuan lingkungan belajar.
7.     Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencangkup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber / bahan / alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.


8.     Silabus di Taman Kanak-kanak
Adalah seperangkat rencana  dan pengaturan kegiatan pembelajaran ,pengelolaan kelas,penilaian proses dan hasil pencapaian perkembangan.
Contoh silabus TK Islam Mutiara Azra Grogol Kec Limo Kota Depok
9.     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pelaksanaan Proses Pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.
Contoh RPP TK Islam Mutiara Azra Grogol Kec Limo Kota DepokTerdapat pada dokumen II
10.  Penilaian
Adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi  secara sistemais,berkala,berkelanjutan,menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan ang telah di capai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran.



























Komentar

Postingan populer dari blog ini

SILABUS,RPPH DAN PENILAIAN

TUGAS SILABUS, METODOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN DAN RPPH   NAMA         :       NURHAYATI,SH. SEKOLAH :       TK ISLAM MUTIARA AZRA TEAM PENGEMBANG KURIKULUM 2013 DEPOK 2016 STRUKTUR KURIKULUM PAUD ( SILABUS ) Kecamatan Limo Bidang/Aspek Perkembangan Ranah Pengembangan Alokasi Waktu Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Nilai Moral dan Agama KI. 1: Menerima ajaran agama yang dianutnya KI. 2:  Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, guru, dan teman. KI. 3: Mengenal diri, keluarga, teman, guru, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan i
AKREDITASI TK ISLAM MUTIARA AZRA untuk meningkatkan kualitas lembaga dalam menjalankan kegiatan pendidikan dengan baik dan sesuai dengan norma-norma dan perundangan yang berlaku di NKRI. Pada tanggal 25 september  2019, TK Islam Mutiara Azra mendapat Visitasi dari Asesor Nasional yang tujuanya untuk melakukan kegiatan dan pengamatan pada lembaga pendidikan TK Islam Mutiara Azra,  Visitasi ini ditujuak untuk kesesuain data yang telah dikirim melalui on line di sispena 2.0..dengan adanya sistem seperti ini memudahkan kami dalam mempersiapkan dan jalankan Akreditasi. Puji syukur kehadiran Alloh SWT, Visitasi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hasil dari Akreditasi oleh BAN PFN telah diumumkan dan TK Islam Mutiara Azra Mendapat NILAI ( B ) kegiata Visitasi Assesor di TK Islam Mutiara Azra di Perumahan Villa Mutiara Cinere Blok E 5/ 18 Grogol kec. Limo Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia